Untuk Apa Diadakan UKG?

Pertanyaan diatas sangat sering kita dengar, terutama dikalangan guru, baik yang sudah disertifikasi maupun yang belum. Bagi yang sudah sertifikasi ada kekhawatiran jangan-jangan sertifikasinya akan distop jika hasil UKG-nya tidak baik. Sedangkan bagi yang belum sertifikasi berharap agar hasil UKG bisa mengantarkan mereka sebagai peserta sertifikasi guru ditahun yang akan datang.

Itulah fenomena yang terjadi belakangan ini. Namun apa sesungguhnya yang menjadi tujuan dari UKG tahun 2015 ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, penulis memetik tulisan dari sub judul Tujuan Uji Kompetensi dari buku "Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru" yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mudah-mudahan penjelasan di buku tersebut bisa mencerahkan pemahaman kita semua.

Secara umum pelaksanaan UKG bertujuan sebagai berikut.

  1. Memperoleh informasi tentang gambaran kompetensi guru, khususnya kompetensi pedagogik dan profesional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  2. Mendapatkan peta kompetensi guru yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan dan pelatihan yang harus diikuti oleh guru dalam program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).
  3. Memperoleh hasil UKG yang merupakan bagian dari penilaian kinerja guru dan akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru.

Itulah sedikit informasi yang berkaitan dengan tema 'Mengapa diadakan UKG' bagi semua guru yang telah memiliki NUPTK atau PegID, baik yang sudah sertifikasi maupun yang belum. Semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan keterangan yang lebih detil silahkan unduh dan baca sendiri Buku Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru DISINI. Sedangkan bagi anda rekan-rekan guru yang ingin mendapatkan kisi-kisi UKG 2015 bisa mengunduhnya di laman Kisi-Kisi UKG. Semoga Sukses!!!

Leave a Reply