Tips Mengerjakan Soal Listening UN

Salah satu skill yang diujikan dalam Ujian Nasional Bahasa Inggris SMA dan SMK adalah Listening. Dari jumlah keseluruhan soal sebanyak 50 butir, 15 diantaranya (30%) merupakan soal listening. Jumlah tersebut tentu tidak bisa dianggap enteng dan sangat berpengaruh terhadap nilai akhir yang akan diperoleh siswa peserta ujian. Jika peserta ujian bisa menjawab sepuluh soal saja diantaranya maka dampaknya akan sangat signifikan terhadap nilai akhir mereka.

Namun demikian kita perlu menyadari bahwa soal listening merupakan hal yang kompleks. Pertama, soal listening membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kedua, daya ingat kita juga akan sangat menentukan kemampuan menangkap informasi yang kita simak. Ketiga, kita harus mampu menganalisa informasi sebelum akhirnya sampai kepada kesimpulan akhir. Dan yang terpenting, kita semestinya memiliki cadangan kosa kata yang cukup agar bisa memahami ujaran-ujaran yang diperdengarkan. Oleh karena itu, sangat diperlukan langkah-langkah penanganan yang tepat untuk mengerjakan jenis soal ini.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar kita bisa mengerjakan soal listening.

  1. Berdo'alah sebelum anda mulai mengerjakan soal ujian. Lakukanlah hal ini dengan sungguh-sungguh. Bermohonlah kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa agar diberi petunjuk dan kemampuan untuk mengerjakan soal. Berdo'a juga bisa digunakan sebagai sarana untuk menetralisir pikiran kita agar lebih fokus hanya kepada soal ujian yang akan dikerjakan, serta menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak perlu, seperti perasaan pesimis dan takut.
  2. Manfaatkanlah waktu anda sebaik mungkin. Setelah mengisi biodata dengan teliti, segeralah untuk membuka lembaran soal. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah observasi soal. Amati soal secara sekilas mulai dari nomor satu sampai dengan soal kelima belas. Pada tahap ini, anda tidak perlu mulai memikirkan jawaban atas soal-soal tersebut. Namun yang lebih penting adalah, segarkan ingatan anda terhadap kosa kata yang terdapat dalam butir-butir soal yang anda observasi. Stop kegiatan ini apabila waktu mengerjakan soal telah dimulai dan anda akan mulai fokus kepada bentuk soal listening yang pertama, yaitu picture identification.
  3. Jaga konsentrasi selama mengerjakan soal, jangan mudah terpengaruh oleh situasi disekitar anda, sebab listening adalah menyimak dengan penuh konsentrasi, bukan sekedar 'bisa mendengar' saja.