SMKN 1 Lingsar Luncurkan Mesin PLTMH

Dalam momen ulang tahun ke-10 ini, SMKN 1 Lingsar kembali meluncurkan satu produk baru, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro (PLTMH). Hal ini secara langsung disampaikan oleh Kepala Dinas Dikbud Lombok Barat, Ispan Junaedi, S.Pd.,M.Ed. dalam sambutannya. Lebih lanjut, Kadis Dikbud menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMKN 1 Lingsar yang telah membuat terobosan dengan menciptakan mesin pembangkit listrik berskala kecil tersebut. Beliau mengatakan bahwa slogan 'SMK Bisa!' telah terbukti di SMKN 1 Lingsar. Masih menurut beliau, dengan berbagai prestasi yang telah diraih oleh sekolah ini, beliau yakin SMKN 1 Lingsar bisa menjadi sekoianlah unggulan di Kabupaten Lombok Barat.

Pada poin yang lain, Kadis Dikbud juga melaporkan kepada Sekda Kabupaten Lombok Barat, Drs. H. Moh. Uzair bahwa jumlah rombongan belajar di SMKN 1 Lingsar saat ini sebanyak 33 dengan jumlah siswa sebanyak 1300 orang. Disamping itu, Kadis Dikbud merasa bangga karena SMKN 1 Lingsar telah meraih sertifikat ISO 9001:2008. Diakhir sambutannya, beliau melaporkan kepada Sekda Lombok Barat bahwa SMKN 1 Lingsar berencana membangun Business Center pada tanah kosong milik sekolah yang lokasinya persis di seberang jalan gedung SMKN 1 Lingsar.

Di waktu yang lain, Sekda Lombok Barat menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh SMKN 1 Lingsar dengan menciptakan mesin pembangkit listrik tenaga micro hydro. Lebih lanjut beliau menyarankan agar mesin pembangkit tersebut dibuat dalam skala yang lebih besar sehingga bisa membantu sekolah memenuhi kebutuhan listriknya.

Selain itu, Sekda Lobar juga memberikan alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan sekolah, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Leave a Reply