Siswa-Siswi Jurusan AP Ikuti Praktik ‘Housekeeping’ Di Hotel

IMG_0422Sebanyak tiga puluh enam orang siswa-siswi jurusan Akomodasi Perhotelan SMKN 1 Lingsar pada siang hingga sore hari ini, Senin, 1 Desember 2014 mengikuti kegiatan praktik Housekeeping atau Tata Graha di Hotel Puri Saron Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat.
Praktik 'on the spot' yang dimulai sekitar jam 14.00 ini difokuskan pada pengenalan perlengkapan kamar hotel secara khusus dan perlengkapan tata graha perhotelan pada umumnya. Selain itu, para siswa juga diajak untuk mempraktekkan salah satu tugas seorang Room Boy yaitu 'bed making' langsung di salah satu kamar hotel yang disewa oleh sekolah.
Praktik langsung dibimbing oleh praktisi perhotelan yang sudah puluhan tahun bekerja dibagian housekeeping, yaitu I Made Rustana, Housekeeper Hotel Puri Saron. Selain itu ada juga guru pembimbing lainnya, yaitu I Gusti Ketut Tanatra, akademisi di bidang perhotelan. Keduanya juga merupakan guru di SMK Saraswati Mataram yang mengkhususkan diri di bidang perhotelan. Sedangkan guru pendamping dari SMKN 1 Lingsar yaitu Abdul Syukri, Kajur Akomodasi Perhotelan dan Yusuf Adnan, guru mata pelajaran Tata Graha.
Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk persiapan siswa-siswi jurusan Akomodasi Perhotelan menghadapi Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang akan dimulai pada bulan Januari 2015 dan akan berlangsung selama 3 bulan sampai dengan bulan Maret 2015. Disamping itu, praktik langsung di hotel ini dirasa sangat bermanfaat karena para siswa bisa mengenal lebih dekat bidang kerja yang akan mereka geluti setelah menamatkan pendidikannya di SMKN 1 Lingsar.

Berikut galeri foto kegiatan praktik Housekeeping di Hotel Puri Saron, Senggigi.

Leave a Reply