Pejabat Dinas Dikbud Bina Guru dan Pegawai

Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat hari melakukan pembinaan guru dan pegawai di SMK Negeri 1 Lingsar. Para pejabat yang dimaksud adalah Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Drs.  Sabidin dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian M. Zulhadenan.

Pembinaan-4Pembinaan dimaksud terutama terkait dengan kinerja guru dan pegawai secara umum, terlebih lagi guru dan pegawai yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini terkait dengan beberapa kebijakan pemerintah yang menginginkan peningkatan kinerja pegawai negeri sipil, khususnya guru sehubungan dengan perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi guru bagi guru yang telah memenuhi persyaratan.

Hadir terlebih dahulu di SMKN 1 Lingsar Bapak M. Zulhadenan yang saat ini menjabat Kasubag Kepegawaian yang kemudian menjelaskan beberapa hal terkait dengan disiplin kerja pegawai negeri sipil. Lebih jauh, pak Zul, begitu beliau akrab dipanggil, mengatakan bahwa semua pegawai negeri sipil, baik tenaga structural maupun fungsional memiliki jumlah jam kerja yang sama yaitu 37,5 jam per minggu dengan durasi masing-masing 60 menit per jam. Itu artinya seorang pegawai negeri sipil harus berada di sekolah sampai jam kerja yang telah ditetapkan. Lebih jauh ditegaskan bahwa guru harus bisa membedakan antara jam kerja sebagai PNS dengan jumlah jam mengajar minimal sebanyak 24 jam pelajaran.

Diakhir paparannya, pak Zul juga menjelaskan sanksi apa saja yang akan diterima oleh seorang PNS jika tidak memenuhi kewajibannya sebagai PNS dengan sebaik-baiknya, mulai dari sanksi ringan berupa teguran baik lisan maupun tertulis hingga sanksi berat yaitu pemberhentian dengan tidak hormat sebagai pegawai negeri sipil.

Leave a Reply