PANGGUNG EKSPRESI SISWA DAN BUDAYA BEGIBUNG DI SMK NEGERI 1 LINGSAR

Budaya dan kearifan lokal memiliki sejarah yang sangat penting bagi suatu negara. Hilangnya budaya serta kearifan lokal suatu negara akan menghilangkan jati diri negara tersebut. Oleh karena itu, SMK Negeri 1 Lingsar melaksanakan kegiatan Sabtu Budaya yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 September 2022 dengan tema Panggung Ekspresi Siswa dan Budaya Begibung "Cintai dan Kenali Budayamu". Kegiatan di awali dengan melakukan tradisi "Begibung". Tradisi "Begibung" adalah sebuah tradisi makan bersama bagi masyarakat Sasak, Pulau Lombok.

Penyajian makanan dalam Begibung menggunakan nampan atau "nare" dalam bahasa sasak. diatasnya ditaruh nasi dalam jumlah yang cukup banyak beserta dengan lauk pauknya yang terdiri dari sayuran dan daging dengan bumbu khas sasak. Sajian itu disebut "Dulang".

Setelah selesai begibung, siswa dan siswi menampilkan berbagai hiburan mulai dari tarian tradisional dari berbagai daerah, dan acara musik dengan lagu-lagu Sasak.

Budaya ini tentunya harus selalu dipertahankan dan di jaga. Karena banyak sekali nilai dan pesan moral yang terdapat dalam budaya tersebut, salah satunya adalah nilai kebersamaan, menghargai, rasa bersyukur dan saling menghormati. Tentunya nilai-nilai seperti ini menjadi pengenalan pendidikan karakter bagi anak anak muda kita. 

Seluruh warga sekolah baik siswa, guru, dan staf tata usaha tetap berkomitmen memberikan persembahan dan kreasi terbaiknya dalam setiap kesempatan.

Leave a Reply