Metode Pemetaan Pikiran

 

Mmind map sampleind Mapping atau Pemetaan Pikiran adalah metode mempelajari konsep yang ditemukan oleh Tony Buzan. Konsep ini didasarkan pada cara kerja otak kita menyimpan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak kita tidak menyimpan informasi dalam kotak-kotak sel saraf yang terjejer rapi melainkan dikumpulkan pada sel-sel saraf yang berbercabang-cabang yang apabila dilihat sekilas akan tampak seperti cabang-cabang pohon.

Oleh karena itu, ada baiknya kita mulai membiasakan diri untuk belajar dengan metode ini, sebab kita sekarang sudah sama-sama tahu bahwa otak kitapun menggunakan cara yang sama untuk bekerja. Kita berharap semoga dengan penggunaan metode ini hasil belajar kitapun akan lebih baik dari sebelumnya.

KEGUNAAN MIND MAP

Bagi siapapun mind map akan memberikan manfaat yang besar, baik secara langsung maupun tidak langsung. Apalagi bagi para pelajar yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian. Nah, mind map sangat berguna untuk:

  1. menyimpan informasi
  2. mengorganisasikan informasi
  3. membuat prioritas
  4. belajar memahami informasi dalam konteksnya
  5. melakukan review atas sebuah materi pembelajaran
  6. mengingat informasi secara lengkap

BAGAIMANA MELAKUKAN MIND MAP SECARA EFEKTIF?

Efektifitas penggunaan metode mind map sangat bergantung dari cara kita melakukannya. Walau pada prinsipnya sama, namun jika cara melakukannya asal-asalan maka sudah tentu hasilnya juga akan kurang efektif. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dipedomani dalam melakukan mind mapping.

  1. Gunakan frasa yang singkat dan mudah dipahami dan diingat. Bila memungkinkan gunakan satu kata saja.
  2. Gunakan pensil, pulpen, spidol atau printer berwarna. Hal ini berguna untuk memisahkan antara ide yang satu dengan yang lain.
  3. Gunakan gambar atau simbol-simbol tertentu yang mendukung suatu ide atau gagasan.
  4. Gunakan garis-garis penghubung antara gagasan yang satu dengan gagasan yang lainnya sehingga tampak jelas keterkaitan antara keduanya.

Itulah sedikit informasi tentang mind map, semoga tulisan diatas bisa bermanfaat bagi para siswa yang saat ini tengah serius mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional.