VISI
Menjadi kompetensi keahlian yang memiliki keunggulan dan daya saing di bidang pariwisata yang dilandasi dengan iman dan taqwa sehingga dapat menghasilkan tamatan yang produktif serta memiliki kemandirian untuk mengisi dan atau menciptakan lapangan kerja sesuai dengan bidang keahliannya.
MISI
- Menyelenggarakan proses belajar mengajar berbasis kompetensi dan keunggulan daerah.
- Mengadopsi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dalam pengelolaan sekolah.
- Membina hubungan kerja sama saling menguntungkan dengan institusi/masyarakat didalam dan luar negeri.
- Mewujudkan budaya sekolah berwawasan lingkungan.
TUJUAN
Membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
- Menerima dan memproses reservasi sesuai dengan permintaan pelanggan.
- Menghitung harga tiket penerbangan domestik dan internasional sesuai dengan ketentuan IATA.
- Menerbitkan tiket penerbangan domestik dan internasional secara manual maupun komputerisasi sesuai ketentuan IATA
- Mengurus dokumen perjalanan lain, seperti; visa, pasport, PTA dan lain lain.
- Melaksanakan tugas sebagai pemandu wisata pada perjalanan wisata
- Melaksanakan tugas sebagai pemandu wisata di obyek/atraksi wisata
- Melaksanakan layanan transfer
- Menghitung harga paket prjalanan wisata
- Menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata
- Menjual produk perjalanan wisata
- Melaksanakan tugas sebagai petugas tata operasi darat (Ground Handling)
- Melaksanakan tugas sebagai pengelola informasi wisata
DASAR KOMPETENSI KEJURUAN (DKK)
- Memberikan layanan secara prima kepada pelanggan (Customer Care) Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang berbeda (Customer Care)
- Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja
- Menangani situasi konflik
- Mengikuti prosedur higienes di tempat kerja
KOMPETENSI KEJURUAN
- Mengembangkan dan memutakhirkan pengetahuan industri pariwisata
- Bekomunilkasi melaui telephon
- Bekerja sebagai pemandu wisata
- Memberikan bantuan layanan transfer keberangkatan/kedatangan
- Mengembangkan dan memelihara pengetahuan umum yang diperlukan oleh pemandu wisata
- Mengkoordinasikan dan mengendalikan perjalanan wisata
- Memimpin rombongan wisata
- Menyiapkan dan mempresentasikan komentar pemanduan pada perjalanan wisata
- Mengelola perjalanan wisata lebih dari satu hari
- Mengalokasikan sumber dana perjalanan wisata
- Melakukan pengecekan pra keberangkatan perjalanan wisata
- Menerima dan memproses reservasi
- Mengoperasikan sistem reservasi komputer
- Menghitng harga dan menerbitkan tiket penerbangan domestik
- Menghitung harga dan menerbitkan penerbangan normal internasional
PROSPEK KERJA LULUSAN
Siswa/siswi lulusan UPW bisa bekerja di:
- Bandara (Airport)
- Perusahaan Transportasi (Liners)
- Biro Perjalanan Wisata (Tour and Travel Agency)
- Pusat Informasi Wisata (Tourist Information Center)
- Mendirikan usaha jasa pariwisata