Kadis Dikbud: Di Usia Muda SMKN 1 Lingsar Torehkan Banyak Prestasi

Apel paripurna menjadi puncak perayaan Hari Ulang Tahun SMK Negeri 1 Lingsar yang ke-12. Namun ada yang agak berbeda pada upacara bendera kali ini karena yang menjadi pembina upacaranya adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat, H. Ilham, S.Pd.,M.Pd. Dalam amanatnya Pak Kadis menyampaikan beberapa pesan dan nasehat kepada para siswa dan guru di SMKN 1 Lingsar, yaitu antara lain:

  1. Dalam era globalisasi sekarang ini dimana internet sudah sangat lekat dengan kehidupan kita hendaknya para siswa lebih arif dan pintar memilih dan memilah informasi-informasi yang tersedia didalamnya. Hal ini karena banyak kasus penyimpangan moral terjadi karena ketidakmampuan kita memilih antara informasi yang bermanfaat dengan informasi yang tidak berguna.
  2. Guru hendaknya memberikan pembelajaran secara profesional dengan mengikuti kaidah-kaidah pedagogik, sehingga akan menghasilkan keluaran (siswa-siswi) yang berprestasi secara akademik dan memiliki karakter moral yang baik.

Diawal amanatnya Kepala Dinas menyampaikan kepada seluruh siswa bahwa walaupun SMK Negeri 1 Lingsar baru berusia 12 tahun (masih muda) namun tidak sedikit prestasi yang telah ditorehkan oleh SMK Negeri 1 Lingsar, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan sampai di tingkat Nasional. Untuk itu beliau memberikan apresiasi yang luar biasa kepada SMKN 1 Lingsar. Dan begitu mendengar pernyataan Pak Kadis seluruh siswa menyambutnya dengan tepuk tangan.

Kemudian setelah apel paripurna acara dilanjutkan dengan ramah tamah dengan dewan guru SMKN 1 Lingsar yang bertempat di ruang guru SMKN 1 Lingsar. Dalam sambutannya Pak Kadis kembali memberikan pengarahan yang ditujukan baik kepada guru secara umum maupun pihak manajemen sekolah. Diantara hal-hal yang disampaikan antara lain:

  1. Guru hendaknya secara terus menerus memperbaharui (upgrade) ilmu pengetahuannya dari waktu ke waktu dengan jalan banyak membaca dari buku dan sumber ilmu pengetahuan lainnya di internet.
  2. Kepala Sekolah diharapkan meningkatkan frekwensi supervisi guru di dalam kelas.
  3. Sekolah hendaknya memperbanyak latihan Ujian Nasional (tryout) yang berbasis komputer dalam rangka memperkuat kesiapan siswa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tanggal 4 sampai dengan 7 April tahun 2016.

Selain dihadiri oleh Kepala Dinas, apel paripurna HUT SMKN 1 Lingsar yang ke-12 ini juga dihadiri oleh pejabat lain di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Barat. Beliau antara lain Kepala Bidang Dikmen, Maad Adnan, S.Pd.,M.Pd. dan Kepala Seksi Kurikulum Bidang Dikmen, H. Lalu Muhammad Supriadi, S.Pd.,M.Pd.

Leave a Reply