Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

Salah satu tujuan dan manfaat NISN yaitu sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

Nah karena begitu pentingnya NISN, alangkah baiknya semua peserta didik tahu berapa NISN-nya masing-masing sehingga memudahkan manakala ada pendataan, pengusulan, dan lain-lain. Bagi peserta didik (siswa-siswi) yang belum mengetahui NISN-nya, silahkan cek NISN anda melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

Setelah itu lakukan pencarian dengan memakai kriteria Pencarian Berdasarkan Nama. Isi semua kolom pada form pencarian dengan lengkap untuk mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Jadi bagi siswa-siswi yang belum tahu berapa NISN-nya silahkan langsung melakukan pencarian. Semoga berhasil!