Camat Lingsar Buka MPLS SMKN 1 Lingsar

pak camat 2Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)  SMK Negeri 1 Lingsar hari ini secara resmi dibuka. Kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik baru ini dibuka secara langsung oleh orang nomor satu di kecamatan Lingsar, yaitu Camat Lingsar, Rusditah, S.Sos. Beliau bertindak sebagai pembina upacara dalam apel paripurna yang dihadiri oleh seluruh peserta didik SMKN 1 Lingsar mulai dari Kelas X, XI dan XII.

Dalam sambutannya, Bapak Camat berpesan kepada seluruh siswa agar bersungguh-sungguh dalam pembelajaran sehingga kelak tidak hanya mampu untuk bekerja pada orang lain tapi juga bisa untuk berwirausaha secara mandiri. Bahkan beliau menggarisbawahi bahwa seharusnya para siswa tidak bercita-cita untuk mendapatkan gaji dari orang lain namun lebih dari itu mereka harus bercita-cita agar bisa menggaji orang lain, minimal bisa menggaji diri sendiri.

MPLS atau tahun-tahun sebelumnya disebut MOPDB bertujuan memperkenalkan siswa-siswi baru dengan lingkungan sekolahnya. Dalam hal ini para peserta didik diperkenalkan dengan kurikulum dan sistim pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan, khususnya di SMKN 1 Lingsar. Selain itu, mereka juga diperkenalkan dengan hal-hal lain yang terkait dengan delapan standar nasional pendidikan, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Sarana, Standar PTK, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Biaya, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian.

Lebih khusus lagi, para peserta didik diperkenalkan dengan jurusannya masing-masing. Para peserta didik harus betul-betul memahami dengan baik seperti apa dan bagaimana jurusannya. Dengan demikian antara guru dan siswa bisa bersinergi dengan baik untuk pengembangan kompetensi siswa. Hasil akhirnya diharapkan semua peserta didik alumni SMKN 1 Lingsar memiliki kompetensi yang unggul dan mampu berdaya saing di pasar kerja atau memiliki kemampuan wirusaha yang tangguh seperti yang diharapkan oleh Bapak Camat Lingsar dan semua stake holder Sekolah Menengah Kejuruan.