Blogging dengan WordPress Pada Localhost

WordPress adalah salah satu blogging platforms yang bersifat open source. Program CMS ini sangat banyak digunakan dewasa ini. Selain karena sangat mudah pemakaiannya, juga karena banyak sumber daya pendukungnya. WordPress telah memiliki banyak sekali tema yang dapat di pilih dan di sesuai-padankan dengan selera kita masing-masing. Ratusan atau bahkan ribuan plugins dengan fungsi-fungsi atau fitur tertentu juga siap untuk dipilih.

Bagi orang yang baru belajar desain web, WordPress bisa menjadi pilihan yang tepat, sebab kita bisa mengeksplorasi seluruh kemampuan kita dalam mendesain dan memodifikasi tampilan maupun fungsi-fungsi yang disediakan di dalamnya. Tidak perlu takut untuk memulai, sebab kita tidak perlu mengetahui banyak kode atau script HTML, PHP, Java dan yang lainnya. Step by step, langkah demi langkah kita pasti akan bisa mengembangkan kemampuan kita.

Blogging dewasa ini semakin banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Salah satu jenis pekerjaan yang bisa memanfaatkan blog sebagai media pendukung adalah guru atau dosen. Dengan membuat blog pada localhost, guru atau dosen akan memperoleh beberapa keuntungan. Pertama, mereka dapat merangkum berbagai materi ajarnya berdasar kategori-kategori tertentu, sehingga mudah untuk dicari apabila diperlukan. Kedua, mereka dapat menghemat tempat, sebab materi yang banyak dalam bentuk buku atau modul ajar bisa dijadikan soft file yang sewaktu-waktu dapat di buka. Ketiga, pembelajaran yang mereka lakukan bisa menjadi lebih interaktif dan menarik untuk diikuti, karena berbasis web (meskipun hanya situs local). Keempat, dari segi biaya jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan akses secara online, sebab situs yang kita buat adalah situs local yang tidak memerlukan modem, jaringan ataupun pulsa.

Dengan demikian, blogging pada localhost bukanlah pilihan yang buruk bagi guru atau dosen yang ingin tampil lebih professional dalam pekerjaannya. Jika anda telah menguasai cara blogging pada localhost dengan WordPress, silahkan mulai dari sekarang. Jika belum, maka anda perlu mempelajari caranya. KLIK DISINI untuk memperoleh tutorialnya.

Selamat mencoba….

Technorati :

Leave a Reply