Tiga Komli Laksanakan Ujikom Mulai Hari Ini

Sebanyak 3 (tiga) Kompetensi Keahlian (Komli) mulai hari ini (17/2) melaksanakan ujikom bagi siswa-siswinya. Ketiga Komli tesebut adalah Komli Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Komli Multimedia dan Komli Busana Butik.  Sedangkan satu komli, yaitu Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dijadwalkan melaksanakan Ujikom pada tanggal 24 sampai dengan 26 Februari 2014. Hal ini terkait dengan kesiapan pihak assesor pada tanggal tersebut.

Jumlah peserta ujikom pada tahun ini secara keseluruhan adalah sebanyak 345 orang siswa dengan perincian sebagai berikut:

  1. Komli TKR sebanyak 144 orang
  2. Komli Multimedia sebanyak 115 orang
  3. Komli Busana Butik sebanyak 23 orang
  4. Komli UPW sebanyak 63 orang

Berdasarkan informasi dari Jumadi, ST., salah seorang penguji internal (guru) komli TKR, dari soal ujikom yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, Komli TKR mengambil paket 1, dimana para peserta ujikom diuji kompetensinya dalam bidang tune up, overhaul engine, transmisi manual dan kelistrikan body. Sedangkan komli Multimedia mengambil paket 4 yang menguji kompetensi siswa untuk membuat video profil sekolah.

Ditempat terpisah, Suminah, S.Pd., penanggung jawab ujikom komli Busana Butik yang juga merupakan Kepala Bengkel Tata Busana menginformasikan bahwa materi ujikom tahun ini adalah membuat busana muslimah berbentuk setelan atas dan bawah. Sementara itu, Komli UPW akan menguji kemampuan siswanya dalam bidang tour guiding, tour planning dan ticketing.

Untuk penguji sendiri terdiri dari Penguji Internal dan Penguji Eksternal. Komli TKR mendatangkan 2 (dua) orang penguji eksternal, yaitu dari Bengkel OtoGraha Onestop Service yang beralamat di Jl. Ahmad Yani, Dasan Tereng Narmada dan dari Bengkel Suzuki Utama Motor Cakranegara.  Komli Busana Butik menghadirkan penguji eksternal dari Penjahit Klaten Cakranegara. Kemudian Komli Multimedia mendatangkan penguji eksternal dari UD Wanimura, Mataram, sedangkan Komli UPW akan mendatangkan penguji dari Bidy Tour and Travel.

 

 Lihat Galeri Foto Ujikom 2014

Leave a Reply