Pedoman Pendidikan

Salah satu hambatan mutu di sekolah adalah minimnya pemahaman tenaga pendidik dan tenaga kependidikan tentang tugas dan fungsi pokoknya. Oleh sebab itu perlu usaha bersama untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu bentuk usaha yang bisa dilakukan adalah melalui self-learning (belajar mandiri) melalui sumber-sumber terpercaya yang merupakan produk resmi pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajaran di bawahnya.

Produk-produk tersebut antara lain dalam bentuk Undang-Undang, Peraturan Menteri, Peraturan Pemerintah, maupun Petunjuk Teknis dan lain-lain. Nah berikut ini adalah beberapa pedoman maupun peraturan yang bisa di unduh disini.

  1. Undang-undang No. 41 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  2. Permendiknas No. 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  3. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
  4. PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
  5. PP No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru
  6. Panduan Pengembangan RPP
  7. Panduan Silabus dan RPP Berkarakter Bangsa
  8. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas
  9. Standar Kualifikasi Guru
  10. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

UPDATE TERBARU!

Terkait dengan penerapan Kurikulum 2013, berikut adalah beberapa peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menjadi acuan Kurikulum 2013 tersebut.

  1. Permendikbud No. 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
  2. Permendikbud No. 71 Tahun 2013 Tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah.
  3. Permendikbud No. 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.

Itulah beberapa Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang terkait dengan Kurikulum 2013. Dapatkan juga Permendikbud dan salinan lampirannya beserta jenis-jenis peraturan pemerintah lain yang lebih banyak dan lengkap terkait dengan Kurikulum 2013 DISINI.