Lebih Hemat, Jurusan TET Ubah Energi Matahari Jadi Listrik

FormatFactoryF_BOK-3

Jurusan TET (Teknik Energi Terbarukan) SMK Negeri 1 Lingsar tengah mengembangkan Teknik Energi Surya dan Angin (TESA). Bagi sebagian masyarakat Lombok Barat, nama Tesa mungkin masih asing, TESA merupakan pemanfaatan energi matahari dan angin menjadi energi listrik.

Salah satu pengembangan sistem adalah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) bertenaga TESA. Cahyo yang menjadi ketua jurusan sedikit menerangkan proses kerja dari system ini. Mulai dari penggunaan panel surya yang menyerap matahari. Energy yang diperoleh dari matahari dikontrol dan disimpan ke aki sebagai baterai. Nantinya alat kontrol itu yang menyesuaikan kebutuhan energy listrik untuk menyalakan lampu PJU.
Kontrol itu akan menyesuaikan kondisi antara pagi maupun malam hari. Sehingga akan otomatis menyala menyesuaikan terang dan gelapnya hari.

Minimnya alat praktek yang di miliki untuk membuat sistem ini, tidak membuat pihak sekolah mati akal. Mereka mensiasatinya dengan membuat alat sendiri sehingga para siswa antusias mengikutinya. Terbukti, dengan ada beberapa siswa yang menerapkan sistem itu di kamar pribadinya. Menggunakan panel surya sebagai tenaga yang diubah menjadi energi listrik. Selain itu, Sistem ini juga sudah digunakan oleh pihak sekolah sebagai penerang kawasan sekolah serta menghidupkan air mancur. Pengembangan system itu terus dilakukan. Bahkan pihak sekolah berencana untuk mengembangkan pompa air bertenaga TESA. Hanya kendalanya pada alat praktek yang terbatas di Lombok. Pihak sekolah harus membeli dari luar. Selain itu, pihak sekolah kebingungan menunjukkan hasil dari siswanya dalam mengembangkan TESA atau menjualnya. “Perlu ada teaching factory. Tidak hanya membuat tetapi juga bisa dijual,” harapnya.