Kompetensi Keahlian

Di SMK kita akan mengenal istilah Kompetensi Keahlian, yang merupakan bagian pokok dari pendidikan dan pelatihan di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan. Namun kadangkala istilah ini disamaartikan dengan istilah lain yang serupa namun berbeda dari segi cakupannya, yaitu istilah Program Keahlian dan Bidang Keahlian. Program Keahlian sebenarnya merupakan kumpulan dari beberapa Kompetensi Keahlian, dan kumpulan dari beberapa Program Keahlian ujung pangkalnya adalah Bidang Keahlian.

Jadi, struktur dasar pendidikan di SMK terdiri dari Bidang Keahlian, Program Keahlian dan Kompetensi Keahlian. bila digambarkan maka jurusan yang ada di SMK akan terdeskripsi sebagai berikut:

  1. Bidang Keahlian 1
    1. Program Keahlian 1
      1. Kompetensi Keahlian 1
      2. Kompetensi Keahlian 2
      3. Dst...
    2. Program Keahlian 2
      1. Kompetensi Keahlian 1
      2. Kompetensi Keahlian 2
      3. Dst...
    3. Dst...
  2. Bidang Keahlian 2
  3. Dst....

Dari penjelasan diatas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya yang dimaksudkan dengan istilah jurusan dalam hal ini adalah Kompetensi Keahlian yang dalam struktur kurikulumnya akan mengatur secara detil mata diklat apa saja yang akan dipelajari selama tiga tahun.

Hingga saat ini, SMKN 1 Lingsar telah membuka empat kompetensi keahlian. Silahkan klik tautan berikut untuk membaca profilnya:

  1. Teknik Kendaraan Ringan
  2. Busana Butik
  3. Multimedia
  4. Usaha Perjalanan Wisata