Akomodasi Perhotelan

Brosur AP Lembar 1
Spread the love

PROFIL

PAKET KEAHLIAN AKOMODASI PERHOTELAN (AP)

SMK NEGERI 1 LINGSAR

 

Visi

Unggul dalam pendidikan dan pelatihan untuk mencetak tenaga kerja yang professional dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Misi

Mewujudkan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas untuk mencetak tenaga kerja siap pakai dibidang Akomodasi Perhotelan yang professional, berkualitas dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Motto

Motto kami adalah BE READY, yang merupakan singkatan dari :

  • Be Religious
  • Be Eager
  • Be Active
  • Be Developed
  • Be Yourself

Tujuan Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan

Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  1. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Receptionist, reservation staff, Telephone    Operator, dan Porter.
  2. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen and Uniform Attendant, serta Laundry Attendant.

Profil Lulusan Kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan

Setiap peserta didik yang menyelesaikan pendidikan dan pelatihan bidang Akomodasi Perhotelan diharapkan telah memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang memadai sehingga kompeten untuk :

  1. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Receptionist, Reservation Staff, Telephone Operator, dan Porter;
  2. Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai  Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen and Uniform Attendant serta Laundry Attendant.

Fasilitas

Fasilitas yang harus tersedia dalam Kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan adalah Hotel Praktek sebagai Hotel Training, Ruangan Belajar yang mengacu kepada Teaching factory, Mini Hotel yang merepresentasikan kamar hotel secara real sebagai upaya pengembangan kompetensi siswa.

Fasilitas yang rencananya akan dilengkapi yaitu Ruang Praktek Hotel (Mini Hotel) yang terdiri dari

  • Front Office
  • Laundry
  • Lab Making Bed (kamar dengan single atau double bed)
  • Toilet

Lapangan Pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan Kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan antara lain :

  • Room Attendant
  • Bellboy / Porter
  • Receptionist
  • Telephone Operator
  • Reservation Staff
  • Public Area Attendant
  • Laundry Attendant
  • Usaha Pelayanan Cleaning Service
  • Usaha Pelayanan Laundry

Daftar Mata Diklat Kejuruan

a. Dasar Paket Keahlian
- Pengantar Pariwisata
- Industri Perhotelan
- Sanitation, Hygiene and Safety
- Public Relation
- Simulasi Digital
b. Paket Keahlian
- Front Office (Kantor Depan)
- Housekeeping (Tata Graha)
- Binatu

Prestasi

Diusianya yang ke-2 jurusan Akomodasi Perhotelan meraih Juara II Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) 2015 bidang Akomodasi Perhotelan tingkat Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan Pengembangan Kompetensi Siswa

Ada beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan dalam rangka mengembangkan kompetensi siswa, yaitu:

a. Prakerin (Praktek Kerja Industri)

Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa. Saat ini, jurusan Akomodasi Perhotelan telah bekerjasama dengan lebih dari 10 hotel berbintang di Kota Mataram dan Kab. Lombok Barat (area Senggigi), yaitu:

  1. Golden Palace Hotel (Mataram)
  2. Lombok Plaza Hotel (Mataram)
  3. Idoop Hotel (Mataram)
  4. Fave Hotel (Mataram)
  5. The Santosa Villas and Resort (Senggigi)
  6. The Chandi Boutique Resort and Spa Lombok (Senggigi)
  7. Hotel Puri Saron Lombok (Senggigi)
  8. Svarga Resort (Senggigi)
  9. Jeevaklui Hotel (Senggigi)
  10. Living Asia Hotel & Spa (Senggigi)

b. Praktik Industri

Adalah kegiatan praktik di luar sekolah yang bertujuan memenuhi tuntutan kurikulum yang tertuang didalam Silabus. Kegiatan Praktik Industri yang pernah dilaksanakan yaitu:

  • Observasi Hotel
  • Praktik Housekeeping
  • Table Manner Course